Jangan Lupa Untuk Subscribe Channel Youtubeku Juga ! APRELRYU

Download PDF Buku Kurikulum Merdeka Jenjang SD/MI Semua Kelas

Berikut di bawah ini adalah buku siswa dan buku guru yang dapat di download dari situs resmi dan telah dipublikasikan oleh pemerintah secara gratis, d
APRILIYANTO RS

Aprelryu  -  Download Buku Kurikulum Merdeka Jenjang SD/MI – Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mempunyai tugas penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan kurikulum serta pengembangan, pembinaan, dan pengawasan sistem perbukuan. Pada tahun 2020, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan kurikulum beserta buku teks pelajaran (buku teks utama) yang mengusung semangat merdeka belajar. Adapun kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.


Kurikulum ini memberikan keleluasan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya serta keleluasan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya. Untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum tersebut. Buku teks pelajaran ini merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru.


Di tahun 2021, kurikulum dan buku akan diimplementasikan secara terbatas di Sekolah Penggerak. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1177 Tahun 2020 tentang Program Sekolah Penggerak. Tentunya umpan balik dari guru dan siswa, orang tua, dan masyarakat di Sekolah Penggerak sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan kurikulum dan buku teks pelajaran ini.


Profi Pelajar Pancasila yang menjadi dasar penyusunan buku yang dirumuskan sebagai berikut, “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.”



Profil Pelajar Pancasila merumuskan enam karakter sebagai dimensi kunci yang saling terkait dan menguatkan. Keenam dimensi itu adalah:

  1. beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia;
  2. mandiri;
  3. bernalar kritis;
  4. kreatif;
  5. bergotong-royong; dan
  6. berkebhinekaan global.

Enam dimensi tersebut menunjukkan bahwa Profil Pelajar Pancasila tidak hanya berfokus kepada kemampuan kognitif, namun juga kepada sikap dan perilaku yang sesuai dengan jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia. Profi Pelajar Pancasila telah merangkum kompetensi yang dibutuhkan peserta didik untuk menjelang tantangan abad ke-21.


Berikut di bawah ini adalah buku siswa dan buku guru yang dapat di download dari situs resmi dan telah dipublikasikan oleh pemerintah secara gratis, dengan tujuan dapat dimanfaatkan oleh guru ataupun siswa dalam proes pembelajaran.


Selengkapnya File Buku Kurikulum Merdeka Jenjang SD/MI, dapat di Download melalui link di bawah ini:


  • Download PDF Buku Kurikulum Merdeka Kelas 1
  • Download PDF Buku Kurikulum Merdeka Kelas 2
  • Download PDF Buku Kurikulum Merdeka Kelas 3
  • Download PDF Buku Kurikulum Merdeka Kelas 4
  • Download PDF Buku Kurikulum Merdeka Kelas 5
  • Download PDF Buku Kurikulum Merdeka Kelas 6



Berikut tadi telah penulis bagikan kumpulan PDF Buku Kurikulum Merdeka Semua Kelas Untuk SD/MI.

Semoga file yang penulis bagikan diatas dapat berguna bagi Bapak Ibu Guru sekalian dalam proses pembelajaran dan dapat menjadikan Bapak Ibu Guru lebih mengenal tentang Kurikulum Merdeka ini.

Terimakasih.

2 komentar

  1. Bang cara buat text di bawah judul itu gimana bang mohon di jawab
    1. bawaan template itu
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.